Rabu, 04 Agustus 2010

ikan dan tetangga


     Orang yang tinggal di gedung bertingkat (apartement) umumnya jarang berkomunikasi. Di lantai satu apartemen yang saya tinggali ini hanya ada dua keluarga, hampir satu tahun yang lalu mereka pindah, selain kadang-kadang bertemu di tangga gedung dan saling menganngukan kepala dan menyapa (namanya), tidak adakomunikasi apapun selain itu.
      Pada suatu hari, saya memancing dan membawa pulang ikannya, meletakan (merawat) ikannya dalam bak, saya sangat senang. Sebenarnya saya ingin menjadikan ikan-ikan ini sebagai hewan peliharaan selama beberapa hari, tapi tidak disangka sangka, setelah selesai makan malam istri saya berkata kepada saya, ada bau yang aneh di dalam rumah, saya bertanya: “bau apa?” “amis dan menjijikan” begitu kata istri saya, saya juga merasakanya, bau ini keluar dari tubuh ikan. Istriku menemukan ikan yang ada di dalam bak, “ kamu lihat, ikan ini sangat menjijikan”. Saya berjalan menghampirinya untuk melihat, yang terlihat dalam air hanya beberapa benda yang mengapung apung yang berwarna kuning tapi bukan kuning, putih tapi bukan putih. tercium dari dalam air baunya, sangat bau. Akirnya saya baru teringat, saat memencing, saya mendengar orang yang memelihara ikan berkata, ikan jenis ini khusus makan makanan yang mengeluaran bau, ikan ini memeng benar-benar, makan apapaun barang-barang yang jelek (bau), pasti makan barang-barang yang bau, bakan setelah makan lalu dimuntahkan, membuat semua tempat bau.
      “cepat keluarkan mereka”
      “hari sudah begini gelap (sudah larut malam) mau ditaruh dimana?”
      (aku) harus pikirkan suatu cara. Dapat: letakan ikannya didepan pintu. Saya mencari sebuah ember, didalamnya dimasukan air, lalu satu persatu ikanya ditangkap dan dimasukan kedalamnya. Saya mengangkat ember dan meletakannya di depan pintu, dan juga menutupinya dengan papan.
      Keesokan harinya pada pagi hari, saya membuka pintu, hanya terlihat papan penutup yang jatuh kelantai, dan tidaka ada seekorpun ikan yang ada didalam ember. Saya menebak, kucing siapa yang mencium bau ikan (aneh/amis),dan memengambilnya (menggondolnya). Tapi, setelaha di pikir-pikir, kepala ikan lebih besar (dari mulut kucing), apakah kucing mampu menggigitnya? Bagaimanapun Sangat tidak masuk akal. Baru saja duduk, telepon berbunyi, saya mengangkatnya, itu istri saya,” kamu kemarin malam meletakan ikannya dimana?” ” Dimasukan ke dalam ember dan diletakan di depan pintu.” “ wow, bagus”, selesai berbicara, telepon diletakan lagi.
      Setelah bekeja dan pulang kerumah, (saya) melihat istri sedang berbicara dengan seorang laki-laki. Dia berkata kepada orang itu ketika melihat saya, “ orang ini yang memenacing ikannya---(saya bengong).” orang itu membalikan badannyasebenarnya dia adalah tetangga depan rumah, setelah berbasa-basi, dia menceritakan suatu masalah yang terjadi kemaren malam:
      “ketika kira-kira pukul 1, saya mendengar ada orang mengetuk pintu,tapi suaranya sangat aneh, sangat pelan, iramanya juga kacau. Saya mendengarkannya sejenak, memang ada orang yang mengetuk pintu, lalu saya bangun. (saya) membuka pintu, dipintu justru tidak ada seorangpun. Tapi, (setelah) kembali ke kamar dan tidur, suara itu kembali terdengar, saya sedikit takut, (saya) curiga (itu) adalah pencuri, lalu membangunkan istri saya. kami berdua memegang senjata dan berdiri di belakang pintu. “dong” “dong” suaranya. Saya membuka pintunya dengan sekuat tenaga, masih saja tidak ada orang. Saya ingin ke luar untuk memeriksanya (melihat agar mengerti), kaki baru saja melangkah ke tanah, menginjak sebuah benda yang lembek , (saya) menunduk dan melihat seekor ikan. istri saya melihat itu dan tertawa: “ ini adalah ikan yang jatuh dari langit! Saya adalah seorang yang suka makan ikan.” tapi tidak peduli apaun yang dikatakan, ikan ini sebenarnya bukan jatuh dari langit. Jadi, pagi hari hari ini saya bertanya kepada keluarga kamu apakah kehilangan ikan?
      (ketika) dia berbicara sampai disitu, saya langsung mengerti, sebenarntya ini adalah jenis ikan yang unik, keunikannya yaitu setelah ikan keluar dari air, dapat bergerak kedepan di tanah saat bernapas. Ikan ini keluar dari ember (dan lari ke luar), setelah jatuh ketanah, bergerak gerak sampai ke depan pintu, sampai menghasilkan suara yang seperti ketukan pintu dengan menubrukkan kepalanya.
      Ceita nya belum masih berakhir, tetangga dari gedung satu, dua dan tiga juga berlarian datang. “Ikan yang kami ambil adalah milik kalian” “sangat tidak enak hati (sangat merepotkan), terima kasih” istri berkata pada semua orang: semuanya jika mengahargai keluarga saya, datanglah kerumah saya untuk makan ikan!”
       Sejak saat itu, komunikasi diantara tetangga semakin sering (menjadi akrab), khususnya keluarga saya dan keluarga Tuan Wang, (dia ) juga membeli perlatan memancing, pergi memancing bersama saya.

1 komentar:

  1. In 2021, the Seminole Tribe of Florida renegotiated its tribal-state gaming compact with Florida, and lawmakers passed laws to verify the new new} agreement. The new compact allowed the tribe to offer sports activities betting both at its Florida casinos and on-line. In fact, later within the yr, the tribe launched the Hard Rock Sportsbook on-line website, and many of|and a lot of} thought that might be the first of quantity of} FL sports activities betting websites. Florida sports activities betting just 파라오카지노 isn't technically legal at present, despite the fact fact} that|although} lawmakers in 2021 passed laws to make it so. Truth be informed, Florida sports activities betting is in a state of legal limbo.

    BalasHapus